Peluang Kerja untuk Lulusan Bahasa Inggris

Peluang Kerja untuk Lulusan Bahasa Inggris

 

Pernah saya bertanya kepada seorang teman yang merupakan salah seorang mahasiswa jurusan Sastra Inggris, setelah kuliah ingin bekerja sebagai apa. Mereka tak dapat menjawabnya. Namun setelah saya mencari informasi di google, ternyata banyak sekali peluang kerja untuk lulusan Bahasa Inggris, antara lain:

  1. Bekerja di bidang Jurnalistik seperti penulis, translator, wartawan/ reporter, dan editor.
  2. Di bidang pendidikan yaitu guru, dosen dan tutor.
  3. Bekerja di bidang komunikasi antara lain: Public Relation, Advertising, dan
  4. Di bidang pariwisata: Tour guide merangkap agent travel dan perhotelan.
  5. Bekerja di perusahaan yang memiliki industri export dan import barang/ perusahaan multinasional dan di bidang pemerintahan bekerja di Departemen Luar Negeri.

Mari kita membahas pekerjaan di atas. Pertama, bekerja di bidang jurnalistik. Seseorang yang memiliki minat besar dalam bidang tulis-menulis, menerjemahkan, mewawancara maupun meliput berita, peluang kerja banyak terbuka di televisi, majalah dan koran. Dengan bekerja di bidang jurnalistik, khususnya penulis dan wartawan anda bisa berkeliling daerah maupun dunia. Selain berkeliling daerah maupun dunia, keuntungan lainnya adalah dapat mengembangkan networking.

Guru merupakan lapangan kerja pertama di bidang pendidikan. Guru Bahasa Inggris banyak dibutuhkan mulai dari Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Perguruan Tinggi. Di zaman sekarang Bahasa Inggris telah dimasukkan sebagai kurikulum wajib di sekolah. Hal ini juga banyak mendorong mahasiswa atau sarja pendidikan Bahasa Inggris untuk bekerja part time menjadi tutor di lembaga bimbingan belajar maupun les privat.

Pekerjaan Public Relation (PR) bertujuan untuk memperoleh pemahaman dan dukungan client dan dapat mempengaruhi opini public. PR harus dapat menggunakan media yang ada untuk membangun, memelihara dan mengelola reputasi dan komunikasi dengan client mereka. Keterampilan berbahasa Inggris secara lisan dan tulisan merupakan kemampuan dasar yang memiliki fungsi untuk melaporkan dan menjelaskan analisa mereka kepada pihak ketiga, yaitu management. Memiliki tugas yang hampir sama dengan Public Relation, Advertising (Eksekutif Periklanan) bertindak sebagai penghubung antara client dan agen. Tanggung jawabnya adalah untuk berkoordinasi promosi dan harus mampu berkomunikasi dengan jelas kepada pihak-pihak terlibat. Sama seperti Public Relation (PR), advertising juga mengharuskan Bahasa Inggris sebagai kemampuan dasar.

Berbeda dengan PR dan Advertising, enterpreneur memiliki income yang lebih menjanjikan. Performa enterpreneur terbukti baik apabila mereka memiliki networking yang luas. Peluang menjelajahi dunia (travelling) lebih besar, karena anda dituntut untuk selalu memiliki pengetahuan dan wawasan baru.

Tak perlu di sangsikan, alam Indonesia memiliki pesona yang luar biasa. Namun, masih minimnya pengembangan pariwisata di Indonesia di bandingkan negara lain. Supaya anda dapat menjelajahi Indonesia dengan murah sekaligus dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah, anda dapat berkarir sebagai tour guide yang merangkap sebaagai agent travel. Banyak staff  perjalanan yang telah dipercaya akan dikirim ke luar negeri untuk menjadi tour leader sekaligus mengikuti workshop dan training ke luar negeri untuk menambah skills dan knownledge. Bidang perhotelan diawali dengan posisi front desk/ receptionist dan guest relation officer memiliki tugas untuk berkomunikasi dengan tamu yang berasal dari berbagai negara. Oleh karena itu Bahasa Inggris merupakan bahasa utama yang harus dimiliki.

Departement Luar Negeri (Deplu)  adalah salah satu instansi pemerintah yang memerlukan orang-orang yang memiliki kemampuan untuk menguasai Bahasa Inggris. Berbeda dengan (Deplu), bekerja di perusahaan exsport maupun import merupakan pekerjaan yang menjanjikan. Banyak perusahaan multinasional yang memerlukan lulusan Bahasa Inggris untuk di tempatkan di bidang tertentu.

Dari pemaparan diatas jelas bahwa lulusan Bahasa Inggris merupakan lulusan yang menjanjikan memiliki prospek karier yang baik. Doktrin  di masyarakat bahwa lulusan Bahasa Inggris tak dapat  sukses dapat kita ubah apabila masing-masing dapat menunjukkan prestasinya. Tanamkan bahwa ketika kita melakukan sebuah pekerjaan lakukanlah itu dengan segenap hati kita.