Menjadi Juru Bahasa yang Profesional

Menjadi Juru Bahasa yang Profesional

Jika seorang perjemahan merupakan orang yang melakukan proses merubah teks tulis dari bahasa sumber ke dalam bahasa yang dituju, seorang juru bahasa pada dasarnya melakukan proses merubah teks dalam bentuk lisan yang dapat diimplementasikan pada waktu sebernarnya dalam konteks dimana dua orang atau lebih berkomunikasi satu sama lain. Proses ini bisa dilakukan dengan bertemu satu sama lain atau lewat telepon dan melibatkan juru bahasa menerjemahkan apa yang diucapkan dalam satu bahasa ke bahasa lain agar korespondensi dimengerti oleh kedua belah pihak.

Kesuksesan dan efisensi bagi seorang juru bahasa yang baik terdapat pada seberapa tepat dan cepat dia menerjemahkan pesan, pelajaran, pembicaraan, atau pidato dari bahasa sumber ke dalam bahasa target, dengan berusaha untuk memberikan makna yang hampir sama dengan aslinya tanpa menyimpang dari teks pada sebuah pidato. Dalam artikel ini akan menjelaskan beberapa poin untuk melatih kemampuan anda secara efektif untuk menjadi juru bahasa professional.

Sebagai juru bahasa professional, anda harus memahami betul bahwa penerjemahan mengacu pada akurasi. Dalam hal ini, apa yang sudah diberikan ke dalam bahasa target harus mempertahankan maksud sebenarnya dan nada bicara dari apa yang sudah diucapkan dalam bahasa sumber baik secara berurutan atau simultan.

Kemudian, semua juru bahasa beranggapan bahwa profesi tersebut begitu menantang dan banyak tuntutan. Ketika para juru bahasa bekerja, mereka harus selalu dalam kondisi prima dalam jiwa dan rohaninya. Jika salah satu dari mereka bekerja dengan kurang bersemangat dan tertekan karena memikirkan masalah lain, maka akan berdampak besar pada proses penerjamahan yang dapat menurunkan kredibilitas dari juru bahasa tersebut. Oleh karena itu, mempersipakan diri sangat penting sebelum bekerja yang dapat menenangkan pikiran dan mengesampingkan masalah-masalah lain yang dihadapi untuk sementara. Cara-caranya pun sangat bermacam-macam tergantung selera orang.

Selanjutnya, seorang juru bahasa harus memiliki kemampuan yang berkaitan dengan baik. Kemampuan tersebut diantaranya kemampuan analisis dan penelitian, ketangkasan, dan memiliki daya ingat yang kuat dalam memahami ucapan dan menerjemahkan ke dalam bahasa target. Sebagai seorang juru bahasa yang berkualitas, dia harus memiliki daya ingat jangka pendek yang baik untuk menahan apa yang dia dengar dan juga memiliki daya ingat jangka panjang yang baik yang berguna untuk memberikan informasi kedalam konteks. Kemampuan konsentrasi merupakan faktor utama dalam menganalisis dan mengolah apa yang didengar.

Seorang juru bahasa juga harus teguh pendirian. Hal ini merupakan dasar yang harus ditanam untuk menjadi juru bahasa yang efisien dan baik. Sebagai juru bahasa, anda harus disiplin tentang pekerjaan anda. Aspek-aspek penting yang membedakan juru bahasa yang gigih dan yang tidak terdapat pada latihan, usaha, kepintaran, inisiatif, dan kesadaran yang baik.

Latihan adalah tingkat yang sangat krusial dalam karir sebagai juru bahasa. Membangun karir yang baik dalam ranah ini harus menuai keuntungan pada setiap latihan melalui pengalaman orang lain. Disamping itu pemahaman fundamental juga harus kuat. Pemahaman-pemahaman tersebut termasuk dengan pendalaman bahasa terutama bahasa Inggris. Hal ini berkaitan dengan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Bahasa Internasional mengacu pada bahasa Inggris yang digunakan hampir seluruh Negara di dunia. Oleh karena itu, pentingnya bahasa Inggris untuk dikuasai sangat bermanfaat pada profesi sebagai juru bahasa.

Dari penjelasan di atas, menjadi juru bahasa profesional dan efektif harus diawali dengan kemauan yang tinggi dalam belajar dari pengalaman dan ilmu pengetahuan. Hal ini dapat meningkatkan kredibilitas anda dan meraih keuntungan yang signifikan. Jadi, sudah siapkah anda menjadi juru bahasa profesioanal?