MEMULAI KARIR SEBAGAI PENERJEMAH

MEMULAI KARIR SEBAGAI PENERJEMAH

Seperti yang kita ketahui, bahasa Inggris merupakan bahasa resmi internasional. Sebagian besar Negara di dunia menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertama. Dilihat dari sudut pandang  peluang pekerjaan, memulai karir sebagai penerjemah tentunya memiliki peluang yang sangat besar di era globalisasi seperti sekarang ini. Secara umum, keberadaan bahasa berperan penting dalam menyampaikan informasi kepada manusia. Dengan bahasa Inggris sebagai bahasa dunia, tentunya bahasa tersebut dapat menjadi jembatan antar Negara dalam memperlancar komunikasi dan bertukar informasi. Oleh karena itu, merintis karir sebagai penerjemah adalah langkah yang tepat untuk mendapatkan penghasilan yang besar.

Namun sebelum itu, alangkah baiknya anda harus mengetahui penerjemah secara mendasar. Secara umum, penerjemah terbagi menjadi dua yaitu penerjemah tulisan dan penerjemah lisan. Penerjemah tulisan bertugas untuk mentransfer makna dari sumber bahasa ke target bahasa. Penerjemah tulisan terbagi menjadi beberapa profesi yaitu profesi penerjemah pendamping, penerjemah pendamping rapat, penerjemah negosiasi, dan penerjemah survey. Profesi penerjemah pendamping terbagi menjadi pendamping pariwisata dan pendamping dalam pabrik atau fasilitas. Untuk penerjemah pendamping rapat meliputi penerjemahan dalam rapat kecil, pelatihan (training), rapat besar (konferensi), dan simultan. Berbicara tentang penerjemah lisan, pekerjaan ini biasanya dilakukan di konteks yang lebih formal seperti konferensi dan rapat. Meskipun demikian, penerjemah lisan dapat dibutuhkan dalam konteks tertentu seperti workshop dan panel diskusi. Berbagai pilihan profesi yang sudah disebutkan sebelumnya memberikan tantangan tersendiri dalam menerjemahkan sebuah informasi. Dalam hal ini, penerjemah harus selalu siap dan mampu melakukan tugasnya dengan cara mengumpulkan informasi dan pengetahuan yang berkaitan dengan materi terjemahan. Meskipun demikian, untuk menjadi penerjemah yang handal, anda harus menguasai bahasa ibu atau bahasa pertama anda yang berguna untuk menciptakan hasil terjemahan yang tidak kaku, tidak bertele-tele, dan alami.

Setelah anda sudah mengetahui tentang profesi penerjemah, anda sekarang harus menentukkan karir anda sebagai penerjemah mau seperti apa. Dalam hal ini, ada dua tipe dalam memulai karir anda. Pertama, anda bekerja sebagai penerjemah di sebuah perusahaan atau anda memilih untuk menjadi penerjemah lepas. Kedua pilihan ini memiliki kelebihan dan kelemahan yang bisa anda petimbangkan sesuai dengan tipe kerja anda. Bagi anda yang ingin menjadi penerjemah dibawah perusahaan, anda akan mendapatkan gaji tetap yang cukup besar per bulannya. Akan tetapi, anda harus dituntut untuk selalu membuktikan hasil terjemahan anda yang baik dan konsisten. Disamping itu, anda juga harus mengikuti standar dan peraturan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan yang bersangkutan. Bagi anda yang ingin memulai karir sebagai penerjemah bebas atau freelance, anda akan menghasilkan pendapatan yang masih minim daripada penerjemah di perusahaan. Kemudian, anda dituntut terus untuk memperluas koneksi dan mempromosikan diri anda dengan sosial media. Meskipun demikian, anda dapat mengatur waktu anda sendiri karena tidak terikat oleh siapapun. Anda juga secara langsung mempelajari ilmu marketing atau pemasaran.

Dari kedua tipe penerjemah tersebut, berlatih adalah cara yang paling ampuh untuk meningkatkan kemampuan terjemahan anda. Anda bisa memulai dengan menerjemahkan artikel atau buku favorit anda sebagai latihan. Selain itu, mencoba menerjemahkan dialog juga sangat dianjurkan untuk meningkat kosakata verbal yang berbeda dengan kosakata tulisan. Ditambah lagi, anda akan mulai terbiasa dengan aksen dan intonasi dari si pembicara yang sangat variatif. Jadi, semoga karir anda sebagai penerjemah bisa mencapai kesuksesan.