MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS UNTUK MASA DEPAN

MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS UNTUK MASA DEPAN

Pendidikan Bahasa Inggris sudah diterapkan dari pendidikan Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Dengan adanya penyesuaian materi dari setiap tingkatan tertentu, para siswa didorong untuk mengenal dan memahami Bahasa Inggris dari segi kosa kata, pengucapan, dan struktur kalimat. Disamping itu, terdapat juga berbagai macam institusi pendidikan yang berfokus pada pembelajaran Bahasa Inggris yang dibagi ke berbagai keperluan. Keperluan tersebut diantaranya adalah untuk menguasai kemampuan dasar Bahasa Inggris (Writing dan Speaking), untuk tujuan bisnis, dan untuk menguasai kemampuan dalam mengerjakan ujian Bahasa Inggris seperti TOEFL (Test of Language as a Foreign Language) atau IELTS (International English Language Testing System) yang digunakan untuk persyaratan beasiswa ke luar negeri. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa keberadaan Bahasa Inggris menjadi sebuah modal yang besar dan menjadi tolak ukur dalam mengikuti pesatnya ilmu pengetahuan di era globalisasi ini.

Dalam mempelajari Bahasa Inggris, terdapat faktor-faktor penting yang harus diperhatikan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mempelajari Bahasa Inggris harus memperhatikan kosakata (vocabulary), tata bahasa (grammar), dan pengucapan (pronunciation). Ketiga faktor tersebut menjadi kunci dalam menguasai Bahasa Inggris. Anda dapat mempelajari dan mengembangkannya dengan cara yang bermacam-macam. Bagi anda yang mengikuti kursus intensif di lembaga pendidikan, anda tentunya sudah diberikan materi yang berhubungan dengan ketiga faktor tersebut. Materi yang diberikan tentunya mendorong anda untuk melatih kemampuan menulis, mendengar, berbicara, dan membaca dalam Bahasa Inggris. Biasanya, materi yang diberikan berupa presentasi siswa untuk melatih kepercayaan diri dalam berbicara Bahasa Inggris, menulis cerita yang berguna untuk memperkaya kosakata Bahasa Inggris, dan juga permainan seperti mengisi lirik lagu yang sudah dikosongkan yang berguna untuk meningkatkan kemampuan pendengaran dalam mengetahui kosakata Bahasa Inggris.

Selain mengikuti kursus Bahasa Inggris, belajar Bahasa Inggris dapat dilakukan sendiri. Jika anda gemar membaca buku, khususnya buku berbahasa Inggris, anda perlahan sudah menambah pengetahuan tentang struktur Bahasa Inggris dan kosakatanya secara sadar atau tidak. Alangkah baiknya jika kamu siapkan kamus Bahasa Inggris dan kamus terjemahan Bahasa Inggris – Bahasa Indonesia. Hal ini dikarenakan anda dapat lebih mengetahui lebih dalam tentang definisi kata-kata yang belum diketahui di kamus Bahasa Inggris dan selanjutnya anda mengetahui terjemahannya di kamus Bahasa Inggris – Bahasa Indonesia. Selain itu, anda bisa tingkatkan kemampuan Bahasa Inggris anda dengan menonton film, serial TV, atau video lainnya yang berbahasa Inggris. Dengan menonton, anda tidak hanya mendapatkan kosakata baru, namun anda juga dapat melihat cara pengucapannya. Dalam hal ini, anda akan diperkenalkan dengan berbagai macam aksen. Aksen Amerika dan aksen Inggris adalah yang paling biasa digunakan. Jika kamu sedang dalam perjalanan, kamu bisa mendengarkan radio atau lagu berbahasa Inggris. Sambil mengikuti irama lagu sesuai selera, anda dapat menghafal dan mengetahui kosakata Bahasa Inggris dengan lebih cepat dan menyenangkan.

Dari semua cara yang sudah disebutkan sebelumnya, mempelajari Bahasa Inggris harus diawali dengan kemauan yang kuat untuk menguasainya. Untuk merangsang terus kemauan anda tentang belajar Bahasa, anda harus menjaga diri anda untuk terus termotivasi. Tanamkan dalam diri anda bahwa dengan belajar Bahasa Inggris, anda akan membuka kesempatan kerja lebih luas dan meningkatkan kepercayaaan diri anda dalam berkomunikasi dengan orang asing. Mengetahui kesempatan untuk belajar tanpa ada kemauan sama saja sia-sia. Oleh karena itu, belajarlah Bahasa Inggris dengan caramu sendiri sehingga dapat berguna di masa depan.