Manfaat Bahasa Inggris di Era Globalisasi

Manfaat Bahasa Inggris di Era Globalisasi

 

Bahasa merupakan salah satu bentuk komunikasi. Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan dalam berkomunikasi dengan orang lain baik di tingkat Nasional maupun Internasional. Lalu, mengapa Bahasa Inggris dipilih sebagai bahasa Internasional? Saya akan memaparkan tiga alasan bahasa inggris dipilih sebagai bahasa Internasional.

 

Pertama, Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa tertua yang ada di dunia dan berasal dari daratan Britania yaitu sekitar abad ke 8.  Perkembangan kosakata Bahasa Inggris sangat pesat. Menurut tim riset dari Harvard University dan google mencatat bahwa penambahan kosatakata Bahasa Inggris pertahunnya mencapai 8500. Jumlah yang lebih banyak dibandingkan Bahasa Indonesia.

 

Kedua, negara Inggris merupakan salah satu jajaran negara maju, hal ini bisa dilihat dari pengaruh negara Inggris terhadap sejarah dan teknologi. Inggris merupakan negara pertama di dunia industri yang melakukan revolusi, selain itu Inggris menjadi tempat penemuan berbagai hal penting yang pengaruhnya mencakup seluruh dunia. Contohnya penemuan mesin jet yang diciptakan oleh Sir Frank Whittle tahun 1937. Sir Frank Whittle adalah seorang opsir pada Royal Air Force (Angkatan Udara Kerajaan Inggris). Selain penemuan mesin jet, Inggris juga dikenal dengan penemuan World Wide Web (WWW), yaitu sebuah sistem yang saling terkait dalam sebuah dokumen berformat hypertext, yang berisi beragam informasi, baik tulisan, gambar, suara, video, dan informasi multimedia lainnya yang dapat diakses melalui sebuah perangkat yang disebut web browser. Dengan kata lain, World Wide Web (WWW) merupakan internet secara keseluruhan.

 

Yang terakhir, banyak fakta yang mengatakan bahwa negara Inggris merupakan negara dengan jajahan paling banyak di dunia mengalahkan Jepang, Belanda maupun Jerman. Karena alasan inilah, Bahasa Inggris menjadi sangat familiar dan lebih banyak digunakan di berbagai negara, terutama negara jajahan Inggris. Beberapa negara yang pernah menjadi jajahan inggris antara lain: Malaysia, Indonesia, Singapura, Zimbabwe, Selandia Baru, Republik Irlandia dan masih banyak lainnya. Karena memiliki banyak jajahan dan tersebar di masing-masing benua, maka Bahasa Inggris lebih cepat menyebar ke berbagai belahan dunia.

 

Sejak Bahasa Inggris dinobatkan menjadi bahasa Internasional, maka akan banyak manfaat yang kita peroleh apabila kita mempelajarinya; antara lain, keuntungan pertama belajar Bahasa Inggris adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk bersosialisasi dengan masyarakat luas. Dengan mempelajari dan mahir Berbahasa Inggris, maka kita dapat berkomunikasi dengan lebih dari dua miliyar orang di seluruh belahan dunia.

 

Setelah kita dapat bersosialisasi dengsn masyarakat luas, mempelajari Bahasa Inggris memudahkan laju akademis, apabila seseorang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi seperti jenjang S2. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya jalur beasiswa yang ditawarkan dan memiliki sebuah persyaratan yang harus di penuhi yaitu memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan baik. Syarat seleksi beasiswa seseorang dipatok mempunyai nilai TOEFL di atas 500 atau 550. Selain memiliki nilai TOEFL diatas 500 atau 550, pendaftar juga diharuskan menguasai berbagai literatur yang kebanyakan menggunakan Bahasa Inggris.

 

Bahasa Inggris juga memberikan manfaat dalam dunia kerja, hal ini dilihat dengan munculnya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), yang diartikan sebagai sebuah masyarakat yang saling terintegrasi satu sama lain dalam lingkup ASEAN dimana adanya perdagangan bebas diantara negara-negara anggota ASEAN yang telah disepakati bersama antara pemimpin-pemimpin negara-negara ASEAN untuk mengubah ASEAN menjadi kawasan yang lebih stabil, makmur dan kompetitif dalam pembangunan ekonomi. Dengan adanya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) lingkup dunia kerja semakin berkembang. Hal ini membuka kesempatan kerja dan karir yang luas, namun hal ini juga membuat persaingan kerja menjadi semakin ketat yang artinya persaingan kerja tidak lagi hanya dengan orang dalam negeri, melainkan seluruh dunia. Khususnya untuk perusahaan multinasional, kemampuan dalam penguasaan Bahasa Inggris merupakan suatu hal yang dipertanyakan dan menjadi salah satu syarat utama.

 

Dapat disimpulkan bahwa Bahasa Inggris memiliki peran penting dalam dunia Internasional, dan tak dapat dipungkiri apabila kita ingin menjadi masyarakat modern dan maju kita harus memperlajari dan menguasai Bahasa Inggris.