Manfaat Bahasa Inggris dalam dunia bisnis

Manfaat Bahasa Inggris dalam dunia bisnis

 

Dalam era modern sekarang ini, Bahasa merupakan hal terpenting agar kita dapat berkomunikasi dengan banyak orang apalagi dalam dunia bisnis. Bahasa Inggris merupakan Bahasa yang paling banyak digunakan oleh negara yang ada, bahkan hampir semua negara dapat menggunakan Bahasa Inggris untuk mempermudah komunikasi dengan banyak orang terutama orang luar negri.

Jika kita mengira bahwa Bahasa Inggris hanya dibutuhkan untuk orang yang menjalankan bisnis besar saja, itu adalah hal yang salah. Baik bisnis besar maupun kecil sekalipun, tidak ada salahnya jika kita menguasai Bahasa Inggris karena siapa tau ada orang luar negri yang akan menjadi calon konsumen dari produk atau jasa yang kita tawarkan. Lalu bagaimana untuk berkomunikasi dengannya agar tidak terjadi miss communication? (miss komunikasi : interaksi yang mengalami kesalahan tanggapan)

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa Bahasa Inggris sendiri merupakan Bahasa yang digunakan secara universal atau mendunia, sehingga kita tidak perlu susah payah untuk belajar Bahasa dari berbagai negara namun cukup dengan menguasai Bahasa Inggris. Walaupun Bahasa Inggris merupakan Bahasa universal, kita juga perlu menguasai Bahasa-bahasa asing lainnya untuk menjadi nilai tambah pada kemampuan diri kita sendiri.

Di Indonesia sendiri, banyak pengusaha-pengusaha yang memulai bisnisnya dengan bisnis kecil yang ditawarkan melalui jejaring sosial media sebagai salah satu pemanfaatan dalam penggunaan internet. Bisa kita lihat, banyaknya online shop yang menggunakan website untuk proses penjualannya dengan menggunakan Bahasa Inggris dalam setiap menu yang ada dalam web tersebut.

Faktanya, bahwa dalam dunia bisnis yang menggunakan Bahasa Inggris-lah yang dapat lebih dipercaya bagi para calon konsumen walaupun tidak semua yang menggunakan Bahasa Inggris itu merupakan bisnis yang terpercaya.

Di jejaring sosial media seperti Instagram merupakan salah satu cara pemasaran yang dianggap efektif bagi para pemilik online shop, karena dari situlah kita dapat melakukan transaksi jual – beli secara mendunia. Apalagi seperti yang kita ketahui, selain facebook yang telah ditinggalkan oleh banyak orang, Instagram-lah yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia dan luar negri lainnya terutama pada kalangan remaja.

Dengan Bahasa Inggris, kita akan mudah mempromosikan apa yang kita jual dalam bisnis kita sehingga membuat calon konsumen dari luar negri-pun terkesan dan berminat membeli apa yang kita tawarkan. Selain itu, sekarang juga pengiriman paket secara mendunia telah dipermudah dengan adanya beberapa ekspedisi-ekspedisi pengiriman paket khusus antar negara serta dipermudahnya biaya pengiriman dengan mata uang berbeda, seperti khusus dollar.

Nah dari contoh tersebut, kita bisa bayangkan bagaimana jika kita sebagai seorang yang memiliki bisnis namun tidak dapat menguasai Bahasa Inggris? Apakah kita akan kehilangan konsumen?

Ya! jika ada calon konsumen dari luar negri lalu kita tidak dapat meresponnya karena perbedaan Bahasa yang kita gunakan, kita akan kehilangan calon konsumen tersebut. Walaupun hanya satu konsumen, dalam dunia bisnis kita harus dapat memberikan pelayanan yang baik karena itulah tugas kita selain menjual barang atau jasa yang kita miliki.

Selain dalam contoh online shop, Bahasa Inggris juga mempermudah kita dalam perusahaan-perusaan yang ingin melakukan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar asing lainnya. Karena diyakini, perusahaan asing mempunyai tingkat investasi yang lebih tinggi dan dapat membantu perusahaan kita. Namun dengan adanya anggapan seperti itu, kita juga tidak boleh selalu menganggap bahwa perusahaan asinglah yang dapat membantu perusahaan kita maju, namun kita juga harus dapat berdiri sendiri dan menganggapnya sebagai motivasi.