KEGUNAAN BAHASA INGGRIS DI ERA GLOBALISASI

KEGUNAAN BAHASA INGGRIS DI ERA GLOBALISASI

Di pesatnya era globalisasi, Bahasa Inggris menjadi sebuah jembatan dunia dari perubahan yang terus meningkat dan memberikan berbagai macam informasi terbaru. Ditambah lagi dengan perkembangan era digital yang semakin canggih, penggunaan Bahasa Inggris menjadi modal yang sangat penting dalam mengetahui, memahami, dan mengoperasikan perangkat yang digunakan. Kita sebagai manusia harus terus beradaptasi dengan semua perubahan yang begitu pesatnya di era ini. Salah satu caranya adalah dengan mempelajari Bahasa Inggris tersebut.

Seperti yang kita ketahui, Bahasa Inggris merupakan Bahasa standar internasional. Hal ini sudah di tentukan secara resmi oleh organisasi internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Komite Olimpiade Internasional. Beberapa Negara menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa resmi. Negara-negara terebut adalah Irlandia, Kanada, Nigeria, Filipina, Hong Kong, Afrika Selatan, Belize, Singapura, dan lainnya. Disamping itu, Bahasa Inggris juga digunakan sebagai Bahasa pertama di beberapa Negara. Diantaranya adalah Amerika Serikat, Britania Raya, Australia, Antigua dan Barbuda, Bahama, Barbados, Jamaika, Guyana, Saint Kitts dan Nevis, Trinidad dan Tobago, dan Selandia Baru. Penyebaran Bahasa Inggris ini disebabkan oleh pengaruh politik dan imperialisme Inggris yang selanjutnya menjadi Britania Raya di dunia. Penyebab lainnya adalah Negara Inggris merupakan Negara yang memiliki jajahan paling banyak di dunia. Oleh karena itu, penyebaran Bahasa Inggris di dunia menjadikannya sebuah Bahasa internasional yang harus kita pelajari.

Mungkin sebagian dari anda masih bingung untuk memulai dari mana ketika mempelajari Bahasa Inggris. Hal seperti itu biasa terjadi karena anda masih belum mempunyai kepercayaan diri dan kemauan yang tinggi. Disamping itu, anda juga memiliki keraguan bahwa anda tidak akan bisa menguasai Bahasa Inggris. Dalam hal ini, anda harus berusaha menghilangkan perasaan tersebut. Karena, perasaan itu akan menjamur dan menjadi rasa malas untuk belajar. Jika anda terlalu iri untuk melihat orang-orang yang mempunyai kemampuan belajar Bahasa Inggris lebih cepat dari anda hingga pada akhirnya anda minder dan menyerah, anda tidak usah khawatir. Kembali lagi, ini semua tentang anda dan kemauan anda untuk belajar Bahasa Inggris. Jadi tidak usah memperdulikan orang lain. Anda harus fokus pada diri anda saja. Oleh sebab itu, kemauan dan tekad untuk belajar itu penting, terutama belajar Bahasa Inggris. Hal ini karena memiliki kemampuan berbahasa Inggris menjadi modal yang besar dalam mengikuti pesatnya perkembangan dunia.

Terdapat banyak sekali kegunaan Bahasa Inggris yang anda bisa dapatkan di era globalisasi seperti sekarang ini. Jika anda melihat dan mencari tentang lowongan kerja di internet atau jobfair, seringkali anda akan melihat persyaratan harus menguasai Bahasa Inggris baik lisan ataupun tulisan. Hal ini dapat memperlebar kesempatan anda dan menjadi nilai poin tambahan ketika anda melamar pekerjaan. Hal ini karena, banyak sekali perusahaan yang sangat membutuhkan tenaga pekerja dengan memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Selain itu, anda bisa membuka usaha sendiri seperti menawarkan jasa terjemahan atau pemandu perjalanan bagi para turis. Disamping anda akan terus meningkatkan kemampuan anda dalam berbahasa, anda juga akan menemukan kenalan baik dari dalam maupun luar negeri. Jika memberi kesan baik terhadap jasa anda, besar kemungkinan anda akan mendapatkan penawaran kerja dan pendapatan yang meningkat. Kegunaan yang terakhir adalah anda akan bangga kepada diri anda sendiri dan memiliki koneksi yang luas. Hal ini karena anda akan sering dibutuhkan bagi orang banyak yang juga menjadi ladang amal yang menguntungkan. Jadi tunggu apa lagi? Ayo belajar Bahasa Inggris!