INGIN BELAJAR BAHASA INGGRIS? KETAHUILAH 3 FAKTOR BERIKUT INI

INGIN BELAJAR BAHASA INGGRIS? KETAHUILAH 3 FAKTOR BERIKUT INI

Bagi sebagian orang, mempelajari bahasa itu cukup menyulitkan. Akan tetapi, beberapa dari kita menganggap bahwa belajar bahasa itu menyenangkan. Untuk anda yang masih berpikir bahwa belajar bahasa itu susah, anda harus berusaha merubah pikiran negatif seperti itu dengan pikiran positif untuk memperkaya kemampuann berbahasa anda. Pasalnya, di era globalisasi seperti ini, penggunaan bahasa sangat penting dalam berkomunikasi antar manusia di berbagai belahan dunia. Anda dapat bertukar informasi yang anda butuhkan dan menciptakan koneksi yang lebih luas. Oleh sebab itu, anda harus merubah pikiran negatif tersebut dan berusaha untuk mencoba. Tidak ada ruginya untuk belajar bahasa sebanyak mungkin. Bahkan, anda akan memiliki wawasan yang sangat banyak dan memperluas kesempatan anda dalam mencari pekerjaan.

Anda setidaknya harus menguasai dua bahasa yang terdiri dari bahasa ibu dan bahasa Inggris. Namun, alangkah lebih baiknya anda menguasai berbagai macam bahasa sesuai dengan minat anda. Berbicara tentang bahasa Inggris, anda sebaiknya harus menguasainya sebagai modal penting dalam menghadapi perkembangan dunia yang semakin pesat. Hal itu karena bahasa inggris adalah bahasa universal. Untuk mempelajarinya, anda harus memerhatikan tiga faktor penting yang terdiri dari tata bahasa (grammar), kosakata (vocabulary), dan pengucapan (pronunciation). Berikut adalah penjelasan singkat tentang ketiga faktor tersebut dalam memahami dan menguasai bahasa Inggris.

Faktor pertama yang harus anda ketahui tentang bahasa Inggris adalah tata bahasanya. Berbeda dengan tata bahasa Bahasa Indonesia, bahasa Inggris ditentukan oleh tiga waktu yang terdiri dari masa lampau (past), masa sekarang (present), masa depan (future). Tata bahasa tersebut diformulasikan kedalam bentuk tense. Tense merupakan bentuk kata kerja dalam bahasa inggris untuk menunjukkan terjadinya suatu perbuatan atau peristiwa. Terdapat 16 buah tense dalam bahasa Inggris; simple present tense, present continuous tense, present perfect tense, present perfect continuous tense, simple past tense, past continuous tense, past perfect tense, past perfect continuous tense, simple future tense, future continuous tense, future perfect tense, future perfect continuous tense, simple past future tense, past future continuous tense, past future perfect tense, dan past future perfect continuous tense.

Faktor yang kedua adalah kosakata. Beberapa kosakata (vocabulary) dalam bahasa Inggris terdiri dari kata-kata dari bahasa Latin dan bahasa Perancis. Mempelajari kosakata bahasa inggris memiliki dampak yang signifikan dalam menangkap ide saat melakukan reading, listening, speaking dan writing. Terdapat banyak sekali cara untuk menghafal kosakata bahasa inggris yang sangat banyak. Cara-cara tersebut bisa anda pilih sendiri dengan kemampuan dan minat anda. Anda bisa memulai dengan membaca buku, majalah, surat kabar yang berbahasa Inggris. Selain itu, anda bisa menghafal kosakata dengan menonton film, vlog, dialog yang menggunakan bahasa inggris tentunya. Mendengarkan musik juga bisa dijadikan sebagai cara yang inovatif dalam memperkaya kosakata. Intinya, anda harus memiliki target dalam menghafal kosakata sambil mengatur pola latihan anda sehingga tidak cepat bosan.

Faktor yang terakhir ini tidak kalah pentingnya dengan yang sebelumnya. Dengan menguasai pengucapan (pronunciation) yang benar, bahasa Inggris anda akan mudah dimengerti orang lain. Kunci untuk menguasai pengucapan bahasa inggris yang baik adalah membaca kamus. Pilihlah kamus bahasa inggris beserta definisi lengkapnya daripada memilih kamus terjemahan. Selain itu, anda biasakan mulut anda dengan terus mengucapkannya dengan jelas dan sesuai. Beberapa dari anda mungkin membutuhkan waktu yang lama karena memiliki aksen yang kuat. Namun hal itu tidak menjadi penghalang anda untuk terus mencoba hingga akhirnya anda mampu menguasainya.