Peluang Kerja untuk Lulusan Bahasa Inggris

Peluang Kerja untuk Lulusan Bahasa Inggris

 

Pernah saya bertanya kepada seorang teman yang merupakan salah seorang mahasiswa jurusan Sastra Inggris, setelah kuliah ingin bekerja sebagai apa. Mereka tak dapat menjawabnya. Namun setelah saya mencari informasi di google, ternyata banyak sekali peluang kerja untuk lulusan Bahasa Inggris, antara lain:

  1. Bekerja di bidang Jurnalistik seperti penulis, translator, wartawan/ reporter, dan editor.
  2. Di bidang pendidikan yaitu guru, dosen dan tutor.
  3. Bekerja di bidang komunikasi antara lain: Public Relation, Advertising, dan
  4. Di bidang pariwisata: Tour guide merangkap agent travel dan perhotelan.
  5. Bekerja di perusahaan yang memiliki industri export dan import barang/ perusahaan multinasional dan di bidang pemerintahan bekerja di Departemen Luar Negeri.

Mari kita membahas pekerjaan di atas. Pertama, bekerja di bidang jurnalistik. Seseorang yang memiliki minat besar dalam bidang tulis-menulis, menerjemahkan, mewawancara maupun meliput berita, peluang kerja banyak terbuka di televisi, majalah dan koran. Dengan bekerja di bidang jurnalistik, khususnya penulis dan wartawan anda bisa berkeliling daerah maupun dunia. Selain berkeliling daerah maupun dunia, keuntungan lainnya adalah dapat mengembangkan networking.

Guru merupakan lapangan kerja pertama di bidang pendidikan. Guru Bahasa Inggris banyak dibutuhkan mulai dari Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Perguruan Tinggi. Di zaman sekarang Bahasa Inggris telah dimasukkan sebagai kurikulum wajib di sekolah. Hal ini juga banyak mendorong mahasiswa atau sarja pendidikan Bahasa Inggris untuk bekerja part time menjadi tutor di lembaga bimbingan belajar maupun les privat.

Pekerjaan Public Relation (PR) bertujuan untuk memperoleh pemahaman dan dukungan client dan dapat mempengaruhi opini public. PR harus dapat menggunakan media yang ada untuk membangun, memelihara dan mengelola reputasi dan komunikasi dengan client mereka. Keterampilan berbahasa Inggris secara lisan dan tulisan merupakan kemampuan dasar yang memiliki fungsi untuk melaporkan dan menjelaskan analisa mereka kepada pihak ketiga, yaitu management. Memiliki tugas yang hampir sama dengan Public Relation, Advertising (Eksekutif Periklanan) bertindak sebagai penghubung antara client dan agen. Tanggung jawabnya adalah untuk berkoordinasi promosi dan harus mampu berkomunikasi dengan jelas kepada pihak-pihak terlibat. Sama seperti Public Relation (PR), advertising juga mengharuskan Bahasa Inggris sebagai kemampuan dasar.

Berbeda dengan PR dan Advertising, enterpreneur memiliki income yang lebih menjanjikan. Performa enterpreneur terbukti baik apabila mereka memiliki networking yang luas. Peluang menjelajahi dunia (travelling) lebih besar, karena anda dituntut untuk selalu memiliki pengetahuan dan wawasan baru.

Tak perlu di sangsikan, alam Indonesia memiliki pesona yang luar biasa. Namun, masih minimnya pengembangan pariwisata di Indonesia di bandingkan negara lain. Supaya anda dapat menjelajahi Indonesia dengan murah sekaligus dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah, anda dapat berkarir sebagai tour guide yang merangkap sebaagai agent travel. Banyak staff  perjalanan yang telah dipercaya akan dikirim ke luar negeri untuk menjadi tour leader sekaligus mengikuti workshop dan training ke luar negeri untuk menambah skills dan knownledge. Bidang perhotelan diawali dengan posisi front desk/ receptionist dan guest relation officer memiliki tugas untuk berkomunikasi dengan tamu yang berasal dari berbagai negara. Oleh karena itu Bahasa Inggris merupakan bahasa utama yang harus dimiliki.

Departement Luar Negeri (Deplu)  adalah salah satu instansi pemerintah yang memerlukan orang-orang yang memiliki kemampuan untuk menguasai Bahasa Inggris. Berbeda dengan (Deplu), bekerja di perusahaan exsport maupun import merupakan pekerjaan yang menjanjikan. Banyak perusahaan multinasional yang memerlukan lulusan Bahasa Inggris untuk di tempatkan di bidang tertentu.

Dari pemaparan diatas jelas bahwa lulusan Bahasa Inggris merupakan lulusan yang menjanjikan memiliki prospek karier yang baik. Doktrin  di masyarakat bahwa lulusan Bahasa Inggris tak dapat  sukses dapat kita ubah apabila masing-masing dapat menunjukkan prestasinya. Tanamkan bahwa ketika kita melakukan sebuah pekerjaan lakukanlah itu dengan segenap hati kita.

 

 

Manfaat Bahasa Inggris dalam dunia bisnis

Manfaat Bahasa Inggris dalam dunia bisnis

 

Dalam era modern sekarang ini, Bahasa merupakan hal terpenting agar kita dapat berkomunikasi dengan banyak orang apalagi dalam dunia bisnis. Bahasa Inggris merupakan Bahasa yang paling banyak digunakan oleh negara yang ada, bahkan hampir semua negara dapat menggunakan Bahasa Inggris untuk mempermudah komunikasi dengan banyak orang terutama orang luar negri.

Jika kita mengira bahwa Bahasa Inggris hanya dibutuhkan untuk orang yang menjalankan bisnis besar saja, itu adalah hal yang salah. Baik bisnis besar maupun kecil sekalipun, tidak ada salahnya jika kita menguasai Bahasa Inggris karena siapa tau ada orang luar negri yang akan menjadi calon konsumen dari produk atau jasa yang kita tawarkan. Lalu bagaimana untuk berkomunikasi dengannya agar tidak terjadi miss communication? (miss komunikasi : interaksi yang mengalami kesalahan tanggapan)

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa Bahasa Inggris sendiri merupakan Bahasa yang digunakan secara universal atau mendunia, sehingga kita tidak perlu susah payah untuk belajar Bahasa dari berbagai negara namun cukup dengan menguasai Bahasa Inggris. Walaupun Bahasa Inggris merupakan Bahasa universal, kita juga perlu menguasai Bahasa-bahasa asing lainnya untuk menjadi nilai tambah pada kemampuan diri kita sendiri.

Di Indonesia sendiri, banyak pengusaha-pengusaha yang memulai bisnisnya dengan bisnis kecil yang ditawarkan melalui jejaring sosial media sebagai salah satu pemanfaatan dalam penggunaan internet. Bisa kita lihat, banyaknya online shop yang menggunakan website untuk proses penjualannya dengan menggunakan Bahasa Inggris dalam setiap menu yang ada dalam web tersebut.

Faktanya, bahwa dalam dunia bisnis yang menggunakan Bahasa Inggris-lah yang dapat lebih dipercaya bagi para calon konsumen walaupun tidak semua yang menggunakan Bahasa Inggris itu merupakan bisnis yang terpercaya.

Di jejaring sosial media seperti Instagram merupakan salah satu cara pemasaran yang dianggap efektif bagi para pemilik online shop, karena dari situlah kita dapat melakukan transaksi jual – beli secara mendunia. Apalagi seperti yang kita ketahui, selain facebook yang telah ditinggalkan oleh banyak orang, Instagram-lah yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia dan luar negri lainnya terutama pada kalangan remaja.

Dengan Bahasa Inggris, kita akan mudah mempromosikan apa yang kita jual dalam bisnis kita sehingga membuat calon konsumen dari luar negri-pun terkesan dan berminat membeli apa yang kita tawarkan. Selain itu, sekarang juga pengiriman paket secara mendunia telah dipermudah dengan adanya beberapa ekspedisi-ekspedisi pengiriman paket khusus antar negara serta dipermudahnya biaya pengiriman dengan mata uang berbeda, seperti khusus dollar.

Nah dari contoh tersebut, kita bisa bayangkan bagaimana jika kita sebagai seorang yang memiliki bisnis namun tidak dapat menguasai Bahasa Inggris? Apakah kita akan kehilangan konsumen?

Ya! jika ada calon konsumen dari luar negri lalu kita tidak dapat meresponnya karena perbedaan Bahasa yang kita gunakan, kita akan kehilangan calon konsumen tersebut. Walaupun hanya satu konsumen, dalam dunia bisnis kita harus dapat memberikan pelayanan yang baik karena itulah tugas kita selain menjual barang atau jasa yang kita miliki.

Selain dalam contoh online shop, Bahasa Inggris juga mempermudah kita dalam perusahaan-perusaan yang ingin melakukan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar asing lainnya. Karena diyakini, perusahaan asing mempunyai tingkat investasi yang lebih tinggi dan dapat membantu perusahaan kita. Namun dengan adanya anggapan seperti itu, kita juga tidak boleh selalu menganggap bahwa perusahaan asinglah yang dapat membantu perusahaan kita maju, namun kita juga harus dapat berdiri sendiri dan menganggapnya sebagai motivasi.

Dampak Kuliah di Luar Negeri

Dampak Kuliah di Luar Negeri

Di zaman modern seperti sekarang, pola pikir masyarakat semakin maju. Hal ini yang membuat akhirnya banyak orang tua yang berniat menyekolahkan anak-anaknya ke luar negeri. Alasannya sederhana, supaya anaknya dapat lebih sukses daripada orang tuanya. Lalu, bagaimana dengan sang anak? Ternyata sang anak pun tak jauh berbeda, bahagia itulah kata yang tepat untuk menggambarkan mereka apabila di tawarkan untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, mereka sangat mempersiapkan diri untuk mengejar beasiswa. Banyak hal yang mereka lakukan, mulai dari membeli buku-buku untuk meningkatkan TOEFL hingga les seperti kutu loncat, supaya menemukan tempat les yang cocok dan dapat membantu mereka mewujudkan mimpinya. Namun sebuah pilihan, pasti memiliki dampak. Baik dampak positif maupun negatif. Tiga dampak positif dari kuliah di luar negeri antara lain; meningkatkan pengalaman hidup, meningkatkan keterampilan bahasa, dan membuka wawasan.

Meningkatkan pengalaman hidup. Di Indonesia banyak dari anda pasti menjalani kehidupan dengan kondisi aman dan nyaman. Segala yang anda inginkan akan dengan mudah anda dapatkan, anda tak pernah merasa kekurangan dan sendirian. Namun, ketika anda akhirnya memutuskan untuk melanjutkan  pendidikan ke luar negeri, tanpa anda sadari anda akan berubah menjadi pribadi yang  mandiri dan bertanggung jawab. Tak ada yang bisa diharapkan ketika anda sakit, kecuali diri sendiri. Gaya hidup mewah ketika di rumah harus ditinggalkan. Digantikan dengan hidup sederhana dan kemampuan menabung sangat dibutuhkan. Bahkan tak jarang untuk memenuhi kebutuhan di negeri orang, anda di tuntut untuk bekerja part time.

Bahasa merupakan hal yang penting dalam komunikasi. Bagaimana anda dapat berinteraksi dengan orang  lain apabila anda tidak mengerti bahasa mereka? Oleh sebab itu mau  tidak mau anda di tuntut untuk dapat memahami bahasa yang digunakan mereka dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, ketika di Jerman anda tak hanya dituntut untuk mengerti bahasa Inggris, namun juga bahasa Jerman. Hal ini membuat anda dapat berkembang dan bertahan juga menambah wawasan anda.

Belajar ke luar negeri menuntut anda untuk berpikiran terbuka (open minded). Anda diajak untuk memahami peradaban manusia di belahan dunia lain yang dimana peradaban dunia tersebut lebih maju maupun mundur dibandingkan negara Indonesia. Selain itu, anda juga harus siap mempelajari pola pikir masyarakat dari bangsa lain yang mungkin jauh lebih maju dan  belajar mengenai pembangunan peradaban yang negara mereka lakukan.

Namun sayang, selain memiliki dampak  positif melanjutkan pendidikan di luar negeri pun memberikan tiga dampak negatif antara lain; gegar budaya, jauh dari keluarga, dan relasi dalam negeri terbatas.

Indonesia memiliki banyak budaya karena terdiri dari berbagai macam wilayah dan suku. Hal ini berbanding terbalik ketika kita ke luar negeri. Efeknya adalah kita mengalami geger budaya (cultural shock). Salah satu alasannya adalah karena penduduk di luar negeri cenderung bersifat individualistik, ditambah dengan norma dan etika yang berbeda. Pendalaman akan bahasa pun sulit dilakukan, karena bedanya aksen dan logat antara kita dengan orang luar negeri.

Jauh dari keluarga merupakan konsekuensi sekaligus beban yang berat. Hal ini sangat menyiksa anda khususnya ketika anda jatuh sakit. Anda harus bisa mengurus diri anda sendiri. Lalu anda pun harus dapat  mengurus segala keperluan anda sendiri, mulai dari mencuci baju, merapikan rumah hingga bekerja part time untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Anda pun harus dapat beradaptasi dengan cuaca dan makanan yang ada di negara tersebut. Hal ini karena di luar negeri nasi merupakan makanan yang mewah, sementara di Indonesia nasi merupakan makanan pokok. Hal ini pun berlaku untuk cuaca, Indonesia hanya memiliki dua musim antara lain musim kemarau dan musim penghujan. Waktunya pun jelas, berbeda dengan luar negeri yang  memiliki empat musim antara lain musim panas, semi, dingin dan gugur. Jadi menuntut anda untuk selalu update mengenai cuaca.

Hal yang terparah adalah relasi di dalam negeri terbatas. Ketika anda lulus kuliah dari  luar negeri, kemanakah anda akan mencari pekerjaan? Di Indonesia ataukah tetap bertahan di mana anda melanjutkan kuliah? Ketika anda berpikir akan melanjutkan jenjang karier anda di Indonesia, anda sebaiknya berpikir ulang. Akan banyak kesulitan yang anda alami ketika ingin melanjutkan karier di Indonesia. Hal ini dipicu karena kurangnya relasi di Indonesia, dan juga pengetahuan anda tentang pasar di Indonesia masih minim.

Ketika anda memutuskan untuk melanjutkan pendidikan maupun mengejar karier di luar negeri, anda baiknya anda memikirkan matang-matang resiko dan hambatan yang akan anda hadapi di kedepannya. Lalu tanyakan kembali pada diri anda, apakah saya sebagai putera-puteri Indonesia  sudah cukup pantas untuk mengharumkan Indonesia? Kalau belum, lalu apa yang ingin saya perbuat untuk dapat berguna dan mengharumkan nama Indonesia ?

Bahasa Inggris bagi tukang Es Cincau

Bahasa Inggris bagi tukang Es Cincau

 

Beberapa bulan yang lalu, berita di Indonesia sempat booming mengenai Nanang Sukandar penjual es cincau kelapa muda keliling yang menguasai 4 bahasa asing yakni Bahasa Jerman, Bahasa Spanyol, Bahasa Belanda serta Bahasa Inggris. Penjual es cincau keliling di Bogor itu seringkali melayani pelanggannya dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Pria yang menginjak usia 50 tahunan ini berjualan di kota Bogor dengan nama Mr. Nanang yang telah melekat pada para calon pembelinya membuatnya mudah dikenal dan diingat oleh banyak orang.

Mr Nanang sendiri belajar Bahasa asing tersebut secara otodidak dengan seringnya membaca berbagai buku yang ditulis dengan menggunakan Bahasa asing, lalu dipraktikkannya dalam setiap melakukan percakapan sehingga ia dapat menguasai Bahasa asing tersebut terutama dalam Bahasa Inggris. Mr Nanang sendiri merupakan lulusan STM yang juga sempat bekerja sebagai tour guide sebelum memtuskan untuk berjualan es cincau keliling, maka tidak heran bahwa kemampuannya ini semakin terasah dengan seringnya berkomunikasi bersama para turis saat menjadi tour guide.

Karena kemampuannya inilah ia dapat disorot oleh publik dan menjadi terkenal karena kemampuannya yang dapat dibedakan dengan penjual-penjual lainnya. Setelah beberapa media menyorotnya, Mr Nanang semakin bersyukur dengan kemampuan berbahasa asingnya ini karena rejeki yang didapatnya semakin mengalir.

Selain berjualan cincau dengan omset yang semakin naik, tidak sedikit calon pembeli yang datang dari luar kota Bogor hanya untuk berkomunikasi dengannya karena hal ini dianggap unik bagi sebagian besar orang. Mr Nanang juga dibanjiri tawaran untuk mengajar les Bahasa asing, terutama Bahasa Inggris bagi orang-orang seusianya dan anak-anak sehingga ia mulai menjadi guru les setelah masuk beberapa media dalam pemberitaannya.

Mr Nanang juga sekarang sering diundang untuk menghadiri acara-acara off air dalam media televisi karena kemampuannya tersebut dan untuk menceritakan kehidupannya itu yang dapat menjadi motivasi bagi anak-anak di Indonesia ini agar mau terus belajar dan mengasah berbagai kemampuannya.

Dengan begitu Bahasa Inggris bukan hanya dapat membuat kita mudah berkomunikasi dengan orang lain dari berbeda negara, namun juga dapat menjadikan keuntungan tersendiri yang akan mendatangkan rejeki. Belajar Bahasa Inggris pun tidak lah susah dan mahal, dengan bermodalkan buku bacaan serta banyaknya lagu, film, bahkan game yang berbahasa Inggris itu akan memudahkan kita untuk belajar. Selain itu, dengan adanya kemajuan dan perkembangan teknologi internet yang memudahkan kita dalam mengerjakan dan belajar apapun, sehingga kita tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan les Bahasa.

Bahasa Inggris memang bukan satu-satunya hal yang penting untuk kita pelajari, namun dengan belajar dan menguasai Bahasa Inggris kita dapat menguasai dunia melalui internet. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa hampir seluruh website berisikan Bahasa Inggris, dan bagi Mr Nanang sendiri, Bahasa Inggris telah mengantarkannya untuk mengenal dunia, ia juga pernah menjalin hubungan dengan wanita yang berasal dari luar negri. Mr Nanang menggunakan Bahasa Inggris sebagai percakapan sehari-harinya bukanlah untuk dipamerkan serta menyombongkan diri, namun ia percaya bahwa dengan melalui Bahasa-lah kita dapat mengenal satu sama lain melalui komunikasi.

Dengan adanya berita mengenai penjual es cincau keliling yang menguasai empat Bahasa ini, diharapkan akan menjadi sebuah motivasi bagi diri kita agar mau terus membaca. Karena dengan membaca kita akan mengenal lebih dekat dunia tanpa kita mendatangi satu-persatu tempat yang ada di dunia.

MENGAPA HARUS BELAJAR BAHASA INGGRIS?

MENGAPA HARUS BELAJAR BAHASA INGGRIS?

Mengapa harus belajar Bahasa Inggris? Mungkin itu adalah pertanyaan yang biasanya muncul di pikiran anda. Anda mungkin sudah mempunyai pekerjaan yang cukup tinggi dan anda tidak memiliki kemampuan berbahasa Inggris pada saat itu. Anda pikir bahwa tanpa bahasa Inggris, anda ternyata sudah mendapat apa yang anda inginkan. Setelah itu, anda mulai berfikir bahwa tidak apa-apa untuk tidak belajar bahasa terutama menguasai bahasa Inggris.

Anda harus ubah cara berfikirmu karena Bahasa Inggris sangat penting di era globalisasi sebagai alat komunikasi universal.

Anda harus menyadari betul bahwa penggunaan Bahasa Inggris sudah diterapkan di berbagai konteks. Perkantoran, pusat perbelanjaan, tempat umum, dan tempat lainnya sudah menggunakan bahasa Inggris di marka jalan, papan pengumuman, dan sebagainya. Ditambah lagi dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa utama. Jika anda masih berfikir untuk tidak mempelajari Bahasa Inggris, anda sama saja tidak membuka mata anda kepada dunia sehingga anda mudah sekali tertinggal tentang berbagai macam informasi-informasi terbaru. Disamping itu, anda juga akan mudah ditipu atau salah paham terhadap informasi yang diperoleh dari surat kabar, internet, televisi, media sosial (facebook, twitter, instagram, dan lain-lain), dan media lainnya. Anda juga tidak akan memperkaya pengetahuan tentang keberagaman dan pemahaman budaya di dunia.

Bahasa Inggris bukanlah bahasa yang sering diucapakan di dunia, tetapi Bahasa Inggris merupakan bahasa resmi di sebagian besar Negara di dunia.

Jika anda berkunjung ke sebuah Negara, anda akan melihat banyak sekali tanda dan informasi dengan bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan. Hal ini dikarenakan penggunaan bahasa Inggris di sebagian Negara di dunia berperan sebagai bahasa resmi atau bahasa kedua dari Negara tersebut. Disamping itu, anda pastinya akan bertemu banyak orang baru ketika anda berkunjung atau melakukan perjalanan ke luar negeri. Dalam hal ini, bahasa Inggris sangat krusial untuk dikuasai karena berfungsi sebagai jembatan antara anda dan orang-orang asing yang anda temui. Selain itu, perlu anda ketahui bahwa terdapat kurang lebih dua triliun orang yang menggunakan bahasa Inggris di seluruh dunia dalam aktivitas rutinya. Oleh karena itu, wajar saja bila bahasa Inggris biasa disebut dengan bahasa dunia.

Keberadaan Bahasa Inggris sebagai bahasa yang dominan di bidang bisnis membuat bahasa tersebut sebagai modal anda dalam memasuki dunia kerja yang universal.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa universal di dunia bisnis. Dengan mempelajarinya, anda sebenarnya sudah merubah hidup anda ke arah yang lebih baik. Anda akan dengan mudah meningkatkan karir anda ke arah yang lebih matang dan sukses. Disamping itu, pentingnya bahasa Inggris dalam pasar global tidak bisa dianggap remeh.

Oleh karena itu, mulailah dengan sungguh-sungguh untuk belajar Bahasa Inggris. Anda bisa memulainya dengan membaca buku, mendengarkan musik, dan menonton film berbahasa Inggris.

Ketiga cara tersebut bisa anda terapkan sehari-hari. Carilah buku, film, atau musik yang anda sukai. Jangan lupa untuk membawa kamus bahasa Inggris dan kamus terjemahan untuk mendalami definisi dan strukturnya. Biasakanlah untuk terus berlatih dengan mengucapkan kata-kata atau frase bahasa inggris sehingga mulut anda perlahan terbiasa. Alangkah lebih menyenangkannya jika anda belajar dengan teman anda. Anda bisa saling membantu dan membenarkan satu sama lain. Meskipun demikian, belajar Bahasa Inggris harus bersamaan dengan tekad yang kuat dan pastinya menyenangkan.