Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah dan Murah

Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah dan Murah

 

Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional. Namun karena Bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional, maka hal ini menjadi sebuah momok yang menyulitkan masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia. Lalu apakah alasan mengapa Bahasa Inggris menjadi sebuah momok menyulitkan bagi masyarakat Indonesia?

 

Alasan mengapa Bahasa Inggris menjadi sebuah momok yang menyulitkan, hal ini dipicu karena sebelum orang Indonesia mempelajari Bahasa Inggris orang Indonesia langsung menjudge atau menghakimi bahwa Bahasa Inggris merupakan bahasa yang sulit dan akhirnya menimbulkan prasangka dan kesan bahwa sekeras dan setekun apapun kita belajar kita tetap tak akan memahaminya.  Doktrin inilah yang tanpa sadar terbawa secara turun-temurun yang akhirnya membuat kita tak dapat maju.

 

Alasan selanjutnya adalah orang Indonesia terbiasa belajar dengan pola menghafal bukan memahami. Namun sayangnya, pola belajar Bahasa Inggris bukan terletak pada hafalan melainkan pada pemahaman kita. Kita tak dapat menghafalkan tense apa saja yang akan kita pakai dalam percakapan kita sehari-hari dengan bahasa Inggris. Sebaliknya, kita memahami kapan waktu yang tepat saat kita menggunakan sebuah tense. Contonya; present continous dalam bahasa Inggris dilakukan saat kita sedang melakukan sebuah kegiatan yang sedang berlangsung, sebaliknya simple present tense kita gunakan saat  kita menggambarkan sebuah kejadian yang real atau nyata.

Dan alasan terakhir yang paling mendasar, karena kurangnya latihan. Ibarat pepatah, masuk kuping kiri keluar kuping kanan. Ya itulah pepatah yang paling tepat menggambarkan kita saat belajar bahasa Inggris. Apa yang kita pelajari terkadang hanya masuk lewat kuping dan beberapa waktu kemudian hilang dihembuskan angin. Kita lupa apa yang kita pelajari. Jadi, apa solusinya?
Solusi yang paling ampuh adalah menghilangkan sifat apatis yang ada di diri kita. Maksud sifat apatis disini adalah anggapan bahwa kita tidak dapat memahami bahasa Inggris. Pola pikir tersebut harus diubah, sehingga kita dapat belajar tanpa berat hati. Perlu juga ditanamkan dalam diri kita belajar bahasa Inggris itu ibarat naik sepeda. Kita harus terus mengayuh dan menjaga keseimbangan sepeda kita sampai akhirnya kita sampai ke garis finish.

 

Setelah kita mengubah pola pikir kita, cara selanjutnya kita mulai belajar Bahasa Inggris dengan langsung mempraktekannya, bukan menghafalkannya. Cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mempraktekkan Bahasa Inggris bisa dengan empat cara; antara lain pertama kita dapat menonton film Barat, dimana di film tersebut terdapat dialog-dialog berbahasa Inggris. Mula-mula kita dengarkan dialog-dialog tersebut dengan menggunakan subtitle atau teks terjemahan yang telah disiapkan. Setelah itu, kita dapat mematikan subtitle yang ada, dan mulai terbiasa mendengar langsung tanpa menggunakan teks.

 

Tips diatas sangat cocok digunakan untuk orang-orang yang memahami sesuatu secara visual atau mempelajari sesuatu lewat apa yang  mereka lihat. Namun  apabila kita bukan termasuk manusia visual, melainkan manusia optical yang mempelajari sesuatu dengan langsung terjun ke lapangan kita dapat mencoba cara lain dengan membaca novel dan komik. Membaca novel dan komik berbahasa Inggris sangat membantu kita memahami Bahasa Inggris dengan lebih mudah. Setelah kita membaca novel dan komik, kita dapat menginterpretasikan atau menafsirkan apa yang kita telah kita baca menjadi sebuah tulisan dengan menggunakan sudut pandang kita sendiri.

 

Selain kedua cara diatas, chatting dengan orang asing lewat dunia maya dapat membantu kita, hal ini disebabkan karena biasanya orang luar negeri melakukan chatting dengan menggunakan bahasa sehari-hari mereka. Jadi tidak terlalu sulit untuk kita yang belum mengerti Bahasa Inggris untuk memahaminya. Apabila ketiga cara diatas telah dicoba dan hasilnya tetap nihil, satu-satunya cara adalah dengan mengikuti les Bahasa Inggris di lembaga-lembaga tertentu. Lewat les Bahasa Inggris, kita dapat lebih intensif untuk belajar Bahasa Inggris dan juga saat les kita pun diberikan buku panduan yang dapat kita gunakan sebagai panduan belajar yang akan sangat berguna untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris kita secara lebih mandiri. So, tunggu apa lagi? Mari kita mulai belajar Bahasa Inggris, karena  dengan belajar Bahasa Inggris kita akan lebih siap dan berani menghadapi dunia.