Bahasa Inggris, Jawaban dalam Era Globalisasi

Bahasa Inggris, Jawaban dalam Era Globalisasi

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa masyarakat ASEAN dan juga beberapa negara lainnya sudah sepakat akan datangnya era globalisasi. Era globalisasi ini mengakibatkan akan banyaknya pesaing-pesaing dalam mencari lapanagan pekerjaan di setiap negara, bukan hanya dari dalam negeri saja, tetapi pesaing-pesaing tersebut pun akan sangat memungkinkan datang dari luar negeri. Hal ini bisa saja terjadi karena kepengurusan paspor dan izin untuk mencari lapangan kerja di luar negeri yang akan dipermudah. Hal ini tentu bisa menjadi berita yang sangat baik bagi beberapa orang, dan juga sebaliknya bisa menjadi berita yang sangat buruk bagi beberapa orang lainnya. Bagi Anda yang baru saja ingin mencari pekerjaan, tentu ada banyak sekali aspek yang harus Anda siapkan dalam menyambut era globalisasi ini, baik itu yang bersifat soft skill ataupun hard skill. Namun, kenyataannya persiapan yang jauh lebih untuk untuk Anda lakukan adalah masalah kemampuan dalam berkomunikasi. Bahasa Inggris adalah bahasa yang harus Anda kuasai jauh-jauh hari sebelum era globalisasi ini bernar-benar terjadi di negara kita.

Mungkin Anda memang pandai dalam ilmu teknologi, ataupun panda dalam dunia pendidikan, namun apabila Anda memiliki kendala dalam berkomunikasi dengan pihak perusaah luar negeri ataupun kerabat kerja dari luar negeri, hal ini bisa menjadi sebuah masalah yang sangat besar bagi Anda. Oleh karena itu, menguasai Bahasa Inggris menjadi sebuah modal yang paling penting dalam mencari pekerjaan di zaman sekarang ini.

Dalam pendidikan contohnya, kini hampir semua sumber-sumber buku menggunakan Bahasa Inggris dalam penulisannya. Adapun yang sudah diterjemahkan menjadi Bahasa Indonesia bisa saja terjedi salah pengertian dalam isi buku tersebut. Tentu akan jauh lebih baik apabila kita belajar langsung dari sumbernya, yaitu yang berbahasa Inggris. Dalam hal ini, memiliki kemampuan dalam Bahasa Inggris bisa membuat kita bisa mempelajari banyak hal yang berbau pendidikan, langsung dari sumber buku tersebut, bukan lagi dari buku hasil terjemahan.

Perihal TOEFL, tentu kemampuan berbahasa Inggris Anda akan diuji dalam tes tersebut. Kini, beberapa perusahaan ternama sudah mulai mementingkan hasil dari tes TOEFL sebagai salah satu syarat untuk melamar ke perusahaan mereka. TOEFL itu sendiri dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Listening, Reading, dan juga Structure. TOEFL itu sendiri bukanlah sebuah tes yang mudah untuk dilewati, dan tentu Anda memerlukan banyak sekali persiapan untuk bisa mendapatkan skor yang tinggi. Biasanya, perusahaan-perusahaan dunia ternama memperbolehkan calon pekerjanya melamar apabila mereka memiliki skor TOEFL dengan minimal 500. Skor 500 ini pun nyatanya bukanlah hal yang mudah untuk bisa didapatkan. Oleh karena itu, dengan menguasai Bahasa Inggris dengan baik dari jauh-jauh hari, hal ini akan menjadi sebuah keuntungan sendiri dalam melakukan berbagai macam tes sebagai persyaratan melamar kerja di perusahaan besar dan ternama.

Di bidang sosialisasi, Bahasa Inggris tentu memiliki manfaat yang paling besar dibandingkan kemampuan Anda lainnya. Selain masih menjadi bahasa internasional, Bahasa Inggris pun ternyata digunakan sebagai bahasa Nasional di lebih dari 100 negara di dunia. Oleh karena itu, dengan memiliki kemapuan dalam berbahasa Inggris, kemampuan Anda dalam bersosialisasi pun akan jauh lebih baik. Anda pun akan lebih mudah dalam beradaptasi apabila ditugaskan ke beberapa negara di luar Indonesia. Dengan begitu, Anda tentu sudah sangat siap dengan datangnya era globalisasi ini dan siap bersaing dengan calon-calon pekerja lainnya.