Bahasa Inggris bagi tukang Es Cincau

Bahasa Inggris bagi tukang Es Cincau

 

Beberapa bulan yang lalu, berita di Indonesia sempat booming mengenai Nanang Sukandar penjual es cincau kelapa muda keliling yang menguasai 4 bahasa asing yakni Bahasa Jerman, Bahasa Spanyol, Bahasa Belanda serta Bahasa Inggris. Penjual es cincau keliling di Bogor itu seringkali melayani pelanggannya dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Pria yang menginjak usia 50 tahunan ini berjualan di kota Bogor dengan nama Mr. Nanang yang telah melekat pada para calon pembelinya membuatnya mudah dikenal dan diingat oleh banyak orang.

Mr Nanang sendiri belajar Bahasa asing tersebut secara otodidak dengan seringnya membaca berbagai buku yang ditulis dengan menggunakan Bahasa asing, lalu dipraktikkannya dalam setiap melakukan percakapan sehingga ia dapat menguasai Bahasa asing tersebut terutama dalam Bahasa Inggris. Mr Nanang sendiri merupakan lulusan STM yang juga sempat bekerja sebagai tour guide sebelum memtuskan untuk berjualan es cincau keliling, maka tidak heran bahwa kemampuannya ini semakin terasah dengan seringnya berkomunikasi bersama para turis saat menjadi tour guide.

Karena kemampuannya inilah ia dapat disorot oleh publik dan menjadi terkenal karena kemampuannya yang dapat dibedakan dengan penjual-penjual lainnya. Setelah beberapa media menyorotnya, Mr Nanang semakin bersyukur dengan kemampuan berbahasa asingnya ini karena rejeki yang didapatnya semakin mengalir.

Selain berjualan cincau dengan omset yang semakin naik, tidak sedikit calon pembeli yang datang dari luar kota Bogor hanya untuk berkomunikasi dengannya karena hal ini dianggap unik bagi sebagian besar orang. Mr Nanang juga dibanjiri tawaran untuk mengajar les Bahasa asing, terutama Bahasa Inggris bagi orang-orang seusianya dan anak-anak sehingga ia mulai menjadi guru les setelah masuk beberapa media dalam pemberitaannya.

Mr Nanang juga sekarang sering diundang untuk menghadiri acara-acara off air dalam media televisi karena kemampuannya tersebut dan untuk menceritakan kehidupannya itu yang dapat menjadi motivasi bagi anak-anak di Indonesia ini agar mau terus belajar dan mengasah berbagai kemampuannya.

Dengan begitu Bahasa Inggris bukan hanya dapat membuat kita mudah berkomunikasi dengan orang lain dari berbeda negara, namun juga dapat menjadikan keuntungan tersendiri yang akan mendatangkan rejeki. Belajar Bahasa Inggris pun tidak lah susah dan mahal, dengan bermodalkan buku bacaan serta banyaknya lagu, film, bahkan game yang berbahasa Inggris itu akan memudahkan kita untuk belajar. Selain itu, dengan adanya kemajuan dan perkembangan teknologi internet yang memudahkan kita dalam mengerjakan dan belajar apapun, sehingga kita tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan les Bahasa.

Bahasa Inggris memang bukan satu-satunya hal yang penting untuk kita pelajari, namun dengan belajar dan menguasai Bahasa Inggris kita dapat menguasai dunia melalui internet. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa hampir seluruh website berisikan Bahasa Inggris, dan bagi Mr Nanang sendiri, Bahasa Inggris telah mengantarkannya untuk mengenal dunia, ia juga pernah menjalin hubungan dengan wanita yang berasal dari luar negri. Mr Nanang menggunakan Bahasa Inggris sebagai percakapan sehari-harinya bukanlah untuk dipamerkan serta menyombongkan diri, namun ia percaya bahwa dengan melalui Bahasa-lah kita dapat mengenal satu sama lain melalui komunikasi.

Dengan adanya berita mengenai penjual es cincau keliling yang menguasai empat Bahasa ini, diharapkan akan menjadi sebuah motivasi bagi diri kita agar mau terus membaca. Karena dengan membaca kita akan mengenal lebih dekat dunia tanpa kita mendatangi satu-persatu tempat yang ada di dunia.