6 Manfaat Belajar Bahasa Inggris

6 Manfaat Belajar Bahasa Inggris

  1. Melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya

Belajar Bahasa Inggrsi sekarang ini merupakan hal yang dianggap wajib dalam bidang studi beberapa tingkat sekolah di Indonesia. Buktinya adalah nilai ujian Bahasa Inggris ikut menentukan kelulusan bagi mereka yang mengikuti ujian akhir serta menjadi pertimbangan untuk melanjutkan ke jenjang sekolah selanjutnya yang lebih tinggi. Sehingga dengan belajar Bahasa Inggris dan menguasainya, kita dapat melanjutkan pendidikan kita ke tingkat yang lebih tinggi bahkan sekolah favorit.

  1. Memudahkan komunikasi

Saat kita berada di luar negri, maka Bahasa apakah yang kita gunakan untuk berkomunikasi?apakah harus menghapal semua Bahasa negara yang kita kunjungi?tentunya sangat sulit bukan, jika kita harus menghapal setiap Bahasa negara yang kita kunjungi, dan Bahasa Inggris merupakan Bahasa universal yang digunakan oleh hampir setiap negara untuk berkomunikasi dengan orang luar negri. Jadi kita tidak perlu menghapal setiap Bahasa negara yang kita kunjungi, kita cukup belajar berbahasa Inggris agar dapat berkomunikasi secara baik dengan oranglain saat kita berada di luar negri.

  1. Kesempatan belajar di luar negri

Siapa sih yang gak mau mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikannya ke luar negri? Sekarang sudah banyak lembaga-lembaga yang menyediakan beasiswa untuk siapa saja yang terpilih mendapatkan kesempatan belajar di luar negri, tentunya di universitas-universitas terkemuka di negaranya. Salah satu yang menjadi syarat agar kita dapat beasiswa tersebut adalah dengan tes TOEFL. Tes TOEFL sendiri merupakan tes yang dilaksanakan untuk mengukur seberapa besar kemampuan kita dalam berbahasa Inggris, dan jika kita mendapatkan hasil yang sesuai dari tes TOEFL tersebut maka kesempatan beasiswa di luar negri-pun bukan lagi hal yang tidak mungkin.

  1. Kesempatan jenjang karir dan bekerja di luar negri

Persaingan dalam dunia kerja pada era globalisasi ini sangatlah ketat, tidak hanya kemampuan kita yang dapat menentukan suatu kesuksesan namun waktu yang tepat untuk menggunakan kesempatan yang ada untuk mengembangkan kemampuan kita tersebut. Karena kesempatan bekerja sekarang ini tidaklah mudah dan susah didapat. Kemampuan yang menjadi nilai tambah bagi berbagai perusahaan saat ini untuk proses perekrutan karyawan barunya biasanya dilihat dari kemampuan berbahasa Inggris si calon pelamar kerja tersebut. Jika kita mampu berbahasa Inggris dengan baik, maka kesempatan kerja serta jenjang karir yang baik tidak akan sulit didapat. Tidak hanya Bahasa Inggris saja yang menjadi nilai tambah bagi perusahaan, namun Bahasa asing lainnya juga diperlukan sebagai nilai tambah lainnya.

  1. Lebih banyak teman dan luas pergaulan

Dengan adanya perkembangan teknologi seperti internet maka tidak sedikit bahkan hampir semua orang dapat menggunakan internet dan mempunyai akun sosial media. Dengan bermain sosial media tersebut kita dapat terhubung dengan banyak orang, baik dari dalam maupun luar negri sehingga kita dapat mengenal satu sama lain teman yang ada dalam akun sosial media kita. Dan biasanya para pengguna sosial media ini mendapat teman dari negara lain yang bahasanya menggunakan Bahasa Inggris, tentu untuk membalas berbagai pesan masuk dari mereka kita harus membalasnya dalam Bahasa Inggris juga agar dapat terjalin komunikasi yang baik dengannya.

  1. Menguasai internet

Sebagian besar situs yang ada dalam internet adalah berbahasa inggris sehingga mau tidak mau, kita harus dapat mengartikannya sendiri. Dengan belajar Bahasa Inggris tentunya kita tidak akan bingung untuk mengartikannya, namun jika kita belum menguasai Bahasa Inggris kita dapat menggunakan google translate untuk membantu mengartikan web yang berbahasa asing.