5 HAL PENTING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN VERBAL BAHASA INGGRIS

5 HAL PENTING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN VERBAL BAHASA INGGRIS

Dalam dunia pekerjaan, Bahasa Inggris merupakan salah satu kriteria yang seringkali muncul di setiap lowongan pekerjaan. Biasanya, beberapa perusahaan mencantum kriteria yang sangat rinci seperti diharuskan untuk menguasai kemampuan lisan maupun tulisan bahasa Inggris. Meskipun demikian, kemampuan Bahasa Inggris secara lisan akan memberikan nilai tambah dan kesan yang baik pada saat anda pertama kali bertemu dengan atasan anda. Oleh karena itu, artikel ini akan menjelaskan tentang 5 hal yang harus ketahui tentang kemampuan bahasa Inggris secara lisan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kesalahan-kesalahan yang biasa dilakukan anda dalam mempelajari dan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris lisan anda.

  1. Jangan mempelajari tata bahasa atau grammar terlalu banyak.

Mempelajari tatabahasa akan memperlambat dan membingunkan anda dalam melancarkan kemampuan lisan pada Bahasa Inggris anda. Anda akan selalu memikirkan peraturan ketika membuat kalimat daripada mengucapkan secara alami seperti orang pribumi. Perlu anda ketahui bahwa terdapat 20% orang pribumi Bahasa Inggris yang lebih tahu tentang semua tatabahasa Bahasa Inggris.

  1. Membaca dan menulis itu TIDAK cukup. Latih pengucapan anda dengan apa yang anda dengar.

Membaca, mendengar, dan berbicara adalah aspek yang paling penting dari Bahasa apapun. Hal ini sama halnya dengan Bahasa Inggris. Tetapi, kemampuan verbal hanya satu-satunya syarat untuk menjadi fasih berbahasa Inggris. Hal yang normal untuk bayi atau anak to belajar berbicara terlebih dahulu, menjadi fasih berbahasa, kemudian memulai membaca dan menulis. Jadi, urutan alaminya adalah mendengarkan, berbicara, membaca, lalu menulis.

  1. Mempelajari frase

Mengetahui kosakata yang banyak adalah sangat penting untuk membuatkan kalimat yang sesuai. Namun pada kenyataannya tidak seperti itu. Hal ini karena anda tidak mempelajari frase. Jika anda mengetahui 1000 kata Bahasa Inggris, anda mungkin tidak bisa mengucapkan kalimat yang sesuai. Akan tetapi, jika mempelajari satu frase, anda akan mampu mengucapkan ratusan kalimat yang tepat. Terlebih lagi jika anda menguasai 100 frase, anda akan terkejut berapa banyak kalimat yang bisa anda ucapkan dengan tepat. Selain itu, anda tidak boleh menerjemahkan kata dari bahasa pertama atau bahasa ibu anda. Susunan kata mungkin akan berbeda dan anda akan keliru dan bingung untuk mengucapkannya. Oleh karena itu, pelajarilah frase dan kalimat maka anda tidak perlu berfikir tentang kata yang harus diucapkan.

  1. Buatlah anda terbiasa dengan Bahasa Inggris

Anda bisa memulai dengan menciptakan lingkungan yang bisa mempercepat proses anda dalam berbahasa Ingrris. Anda bisa memulai dengan membuat peraturan kepada teman-teman anda bahwa anda akan berbicara dengan Bahasa Inggris saja. Anda juga bisa membawa pemutar musik anda yang berisikan percakapan Bahasa Inggris sehingga anda akan memahami frase dan kalimat dengan efektif.

  1. Belajar materi yang tepat.

Dalam hal ini, anda harus bisa memilih dan menentukkan materi yang anda percayai, biasa digunakan, dan benar. Hal ini karena berlatih keras itu tidak cukup. Berlatih saja hanya membuat apa yang kamu pelajari menjadi permanen. Jika anda ternyata berlatih dengan materi yang salah, maka akan anda selau mengucapkan dengan salah pula. Karenanya, anda harus mempelajari materi yang biasa digunakan oleh orang banyak. Selain itu, belajar Bahasa Inggris dengan orang yang bukan penutur asli bahasa Inggris akan mendapatkan kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya, anda bisa saling memotovasi dan memperbaiki kesalahan yang mendasar satu sama lain. Kekurangannya, anda mungkin terbawa dengan kebiasan buruk satu sama lain jika anda belum yakin tentang apa itu kalimat benar dan salah.